Harbin Fashion Week 2019

Harbin adalah salah satu kota penting di Utara Cina , kalau musim dingin suhunya bisa kurang dari – 30 derajat , kebayangkan kan dingin sekali!!!! Tahun 2019  adalah tahun kedua saya untuk bisa mengikuti Harbin Fashion Week ini. Senang sekali rasanya.

Jadi kota Harbin ini selalu mengadakan pekan fashion untuk para pecinta fashion untuk hadir dan melihat karya desainer international. Bayangkan pada tahun ini saja ada 40 desainer dari berbagai macam negara unjuk karya di perhelatan ini. Dari Indonesia kita punya Priyo Oktaviano dan Andadika Suratedja (moral) , Kami bertiga berangkat bersama dari Jakarta menuju Harbin (sempat transit di Guang Zho). Kami sampai di Harbin jam 12 tengah malam dan langsung disambut dengan udara dingin yang menyengat sekitar -13 derajat dan kami semua tentu sudah siap dengan pakaian dingin super tebal dan segera bergegas ke hotel.

Keesokan harinya sudah h-1 untuk Harbin fashion week, saya membantu team Indonesia untuk persiapan show mereka. membantu dari fitting, audisi model. Anyway model di china sangat disiplin mereka stand by dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam untuk menunggu casting. Karena ini trip saya yang ke dua ke harbin fashion week jadi saya sudah mengenal beberapa desainer dan team nya Harbin fashion week.

Tema Harbin Fashion Week kali ini adalah red runway, semua desainer partisipan mempersembahkan karya nya dalam rancangan berwarna merah. Hari pertama pun dibuka dengan rancangan merah meriah para desainer. Kalau lihat difoto wah keren banget ya?

Setiap hari diisi dengan jadwal fashion show, sambil menunggu waktu show dan rehearsal saya biasanya menyempatkan berjalan di sekitar hotel,  dingin banget terkadang badan ini tidak tahan, Akan tetapi lokasinya sangat mengagumkan dan sangat instagrammable.

Karena lokasi Harbin yang sangat berdekatan dengan Rusia, suasana kota dan warnanya agak bernuansa sedikit Rusia.

Sayangnya pada tahun ini saya tidak sempat pergi ke Harbin Ice Festival yang selalu diadakan setiap tahun.  Harbin ice festival yaitu eksibisi ukiran dan bangunan dari es, bangunannya kokoh dan pada malam hari berwarna warni,  ini merupalan salah satu spot yang kalian harus kunjungi ketika berkunjung ke Harbin di saat musim dingin.

Anyway. Show berlangsung selama 5 hari, penuh suka bersama teman teman dari Singapore, Vietnam, Malaysia, India, meskipun saya banyak sekali mendapat teman baru dari China daratan , sayangnya kita tidak bisa ngobrol banyak karena kendala bahasa.

Keseruan pada saat show pasti ada, apalagi bertemu dengan teman teman baru dan bisa share segala hal disana, namun yang paling menengangkan malah ketika harus membawakan karya perancang Indonesia, Moral dan Mas Priyo, ada beban tersendiri, apalagi karya mereka ditampilkan pada saat closing Harbin Fashion Week.

Secara keseluruhan , saya sangat enjoy berada di sana, suatu pengalaman yang membuka mata dan wawasan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *