Heart of Maleficent

Artwork Collaboration with Disney

Dari kecil memang aku sudah menjadi pengagum karya dari DISNEY, Film yang sangat menginspirasi baik dari cerita, visual dan karaker. Karya – karyanya yang membuat takjub dan sangat mengena di hati penonton. Seperti bangun dari mimpi, akhirnya saya bisa bekerja sama dengan Disney, memang dari kecil ingin sekali bisa bekerja sama atau menjadi bagian dari mereka. Kali ini aku diminta untuk membuat artwork yang berhubungan dengan Maleficent, karena di bukan ini akan ada premiere Maleficent yang kedua yaitu, Mistress of EVIL.

Sebenernya hal yang paling sulit yaitu membuat cerita ini bisa tersampaikan dengan baik pada karyaku, saya menonton dan mengexplorasi dari film pertama . Cerita yang sangat berbeda tokoh maleficent ini dengan film yang diceritakan di sleeping beauty pada saat kecil. Mengapa? karena Maleficent yang dahulu ia benar benar jahat dan evil, namun di film Maleficent yang pertama dia tidak seperti itu, bahkan bisa dibilang baik karena ia menyelamatkan princess aurora dan sempat ingin menarik kutukan.

Dalam karya aku, saya membuat emosi dan perasaan dari Maleficent sendiri, karakter yang sangat kuat. Namun Maleficent ini memiliki hati dan perasaan yang pure sama dengan kebiasaan orang lainnya. Namun karena keadaan ia menjadi jahat, karena disakiti oleh pangerannya atau yang ia sebut True Love,sehingga ia berubah menjadi jahat.



Karya Seni Heart of Maleficent

Dalam instalasi seni  yang berjudul the Heart of Maleficent ini , aku berusaha menangkap segala perasaan yang ada dalam diri Maleficent dan semua kata-kata ini bisa saling bertentangan dalam peperangan alam pikiran Maleficent dan semuanya itu bersumber dari hati.

 Hati dibuat dan dicat dengan acrylic, warna dasarnya berwarna merah yang mewakili cinta yang tulus tapi membara. Di dalam hati ini ada gambaran Maleficent muda yang baik hati. Peristiwa pengkhianatan cinta menghasilkan sejuta emosi dan perasaan yan aku tulis di sekitar hati. Typogragphynya menggunakan font Maleficent namun dimodifikasi lagi font hurufnya sesuai dengan emosi dan perasaanya.

Diharapkan saat audience melakukan foto di depan sayap,  di sekitar orang tersebut akan dikelilingi semua kata-kata yang mewakili pergulatan batin  dan emosi dari Maleficent. Aku berharap ini bisa membawakan pesan agar kita jujur dengan segala apa yang kita gumulkan dalam hidup dan kembali kepada jati diri kita yang dari awal.



The purity and sincerity of Maleficent’s heart have changed over time due to circumstances so that some feelings of resentment arise in her heart. I believe that Maleficent’ heart reflects many people int his world, and I hope that Disney fans and visitors to the art exhibition can remind ourselves that we really have a pure and clean heart. Although we can change for the worse, we also have the ability to change our indetity.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *